Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS)
Dosen Pengampu : Muhammad Syaipul Hayat, S.Pd., M.Pd.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N ___ Brebes
Kelas / Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Biologi
Alokasi waktu : 1 X 50 menit
A. Standar Kompetensi
Mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup untuk mempelajari keanekaragaman dan peran keanekaragaman hayati bagi kehidupan
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan dan mengkomunikasikan ciri-ciri kingdom animalia dan peranannya bagi kehidupan
C. Indikator
1. Kognitif
Produk
-
Proses
a. Menjelaskan ciri dan sifat tiap kelas dalam filum Mollusca beserta peranannya dalam kehidupan manusia
b. Mengkomunikasikan hasil pembelajaran untuk mengklasifikasikan makhluk hidup yang termasuk dalam filum Mollusca yang ada di lingkungan sekitar
2. Psikomotorik
Memanfaatkan makhluk hidup dalam filum Mollusca berdasarkan manfaat dan perannya dalam kehidupan manusia
3. Afektif
a. Perilaku Berkarakter : Religious, disiplin, bertanggungjawab dan rasa ingin tahu
b. PerilakuSosial : Kerjasama, peduli social, bertanya dan santun
D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
Produk
-
Proses
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengkomunikasikan hasil pembelajaran untuk mengklasifikasikan makhluk hidup yang ada dalam lingkungan sekitar
2. Psikomotorik
Siswa dapat memanfaatkan makhluk hidup dalam filum Mollusca berdasarkan manfaat dan perannya dalam kehidupan manusia
3. Afektif
1. Siswa terlibat dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menunjukan kemajuan dalam menampilkan karakter kritis, teliti, dan rasa ingin tahu.
2. Siswa terlibat dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menunjukan kemajuan dalam menampilkan kerampilan sosial, kerja sama, bertanya, kepedulian sosial, dan santun dalam berbahasa.
E. Materi Pembelajaran
1. Ciri dan Sifat umum filum Mollusca
2. Fungsi dan peran Mollusca bagi Manusia
F. Strategi Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Two Stay Two Stray, make-a match
2. Metode Pembelajaran : ceramah, diskusi, penugasan
3. Pendekatan Pembelajaran : Inkuiri
G. Media dan Sumber Belajar
1. Alat:
LCD, white board, alat tulis, gambar, dan tes lembar make-a match
2. Bahan:
Salah satu kompetensi dasar dari materi pelajaran SMA
3. Sumber:
Buku ajar, internet, dan lain-lain.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
Kegiatan awal (10 menit) | | | | |
Fase 1. Membuka Kelas Orientasi 1. Mengucapkan salam, berdo’a (Religious) 2. Mengecek presensi kehadiran siswa (Disiplin) 3. Mengkondisikan kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, baik secara fisik maupun psikis. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran 5. Menjelaskan pola pembelajaran yang akan dilaksanakan (disiplin) Appersepsi Diawal pertemuan, guru bertanya kepada siswa, bagaimana ciri dan sifat bekicot ? kemudian siswa diminta mengeluarkan pendapatnya, apakah jawaban siswa tersebut sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh guru? Motivasi Memberikan motivasi pada siswa, bahwa dengan mengetahui ciri dan sifat filum Mollusca, kita dapat mengklasifikasikan makhluk hidup yang ada dalam lingkungan sekitar dan memanfaatkannya berdasarkan peranannya bagi manusia. | | | | |
Kegiatan inti (30 menit) | | | | |
Fase 2. Penyajian Materi Eksplorasi 1. Guru menjelaskan ciri dan sifat umum filum Mollusca 2. Guru membagi 3 kelompok dengan topik yang berbeda (kelas Pelecypoda, cephalopoda, dan gastropoda) dan setiap kelompok beranggotakan 4 orang 3. Guru memberikan lembar diskusi pada tiap kelompok dan setiap kelompok mengembangkan materi tersebut 4. Secara berkelompok, setiap kelompok mendiskusikan topik yang diberikan guru, setelah itu menentukan 2 anggota yang tinggal (stay) dan 2 anggota mencari informasi pada kelompok lain (stray). (rasa ingin tahu) 5. Setelah waktu yang ditentukan untuk mencari informasi dari kelompok lain telah habis, siswa kembali pada kelompoknya masing-masing dan menjelaskan informasi yang diperoleh kepada anggota kelompok yang lain. (tanggung jawab) Elaborasi 6. Salah satu kelompok menjelaskan hasil diskusi melalui presentasi berdasarkan informasi yang diperoleh kelompoknya. 7. Guru memberikan lembar make-a match kemudian setiap kelompok mendiskusikannya dengan batas waktu yang telah ditentukan. Konfirmasi 8. Guru mengkonfirmasikan hasil diskusi dan presentasi siswa, agar tidak terjadi miskonsepsi. | | | | |
Kegiatan penutup (10 menit) Fase 3. Riview dan Evaluasi Kesimpulan Guru bersama-sama dengan siswa mereview kembali materi yang telah didiskusikan. Evaluasi Melakukan evaluasi terhadap pemahaman materi yang telah dipelajari melalui lembar jawab make-a match. Fase 5: Penghargaan Kelompok yang menjawab lembar make-a match tercepat dengan jumlah point terbanyak akan diberi penghargaan bintang prestasi. Fase 6 : penugasan Siswa diberi tugas untuk mencari informasi mengenai kelas Amphineura dan Scapopoda | | | | |
Mengetahui Brebes, .......................... 2011
Kepala sekolah Guru Mapel
Desy Ahrya P.
NIP. NIP.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon