pewarna alami



Selamat pagi semuanya, kali ini kita akan membahas mengenai makanan. Hmmm, pagi-pagi udah bahas makanan, jadi bikin laper yah?
Info kali ini datang dari kuliner asli Indonesia, negeri kita tercinta. Tepatnya jajanan tradisional Indonesia yang biasa kita jumpai di Pasar tradisional. Bagi saya salah satu makanan ini enak, karena saya suka makanan asli Indonesia yang sesuai dengan lidah saya. Kali ini saya akan membahas yang namanya kue pisang, kue mangkok, dan klepon. Nah yang terakhir saya sebutkan merupakan salah satu jajanan yang saya suka. Makanan tradisional yang telah disebutkan aman untuk dikonsumsi kog. Jadi kita tidak perlu ragu untuk mencicipi kuliner ini. Kuliner asli Indonesia terbuat dari bahan-bahan yang aman dan tidak menggunakan bahan pengawet, pewarna yang dapat merugikan tubuh kita. 





Tetapi, di Zaman secanggih ini, tidak sah kalo orang Indonesia tidak memodifikasi kuliner asli Indonesia dengan bahan-bahan yang tidak aman. Bukan salah makanannya jika makanan tersebut mengandung zat-zat yang merugikan bagi tubuh kita. Sekarang ini sedang heboh-hebohnya makanan yang mengandung bahan pewarna tekstil. Miris yah, padahal kan itu oknum yang usil dan tidak bertanggugjawab. Sebetulnya, makanan khas Indonesia seperti ini lebih nikmat rasanya jika menggunakan bahan-bahan yang alami terutama dalam warna. Indonesia terkenal ramah bagi bangsa asing yang sedang berkunjung ke negeri kita tercinta. Tetapi kenapa untuk hal yang satu ini tidak ramah, padahal makanan ini biasa kita santap oleh bangsa kita sendiri. Itulah kecerobohan dari bangsa Indonesia, sebetulnya tidak sulit dan tidak repot jika kita mau berusaha untuk membuat makanan yang aman dengan variasi warna yang menarik. Berikut kita bahas mengenai pewarna makanan yang alami yang dari zaman baheula sudah digunakan oleh nenek moyang kita.
Pertama, ada warna hijau yang dihasilkan dari daun Suji, kemudian dicampur dengan daun pandan sehingga timbul aroma harum, dengan cara ditumbuk atau diblender, diperas dan kemudian disaring airnya.
Kedua, ada warna biru keunguan yang diperoleh dari air bunga telang. Telang merupakan tanaman jenis perdu yang tumbuhnya merambat. Darimana kita memperoleh warna biru keunguan? Jawabannya adalah dari kuntum bunga. Caranya pertama kita cuci dahulu bunga telang, kemudian kita remas-remas 5-10 kuntum bunga telang dengan 4-5 sendok makan air lalu saring. Ada gak ya dengan cara lain?, Tentu saja ada cara lain untuk memperoleh warna biru keunguan, adalah dengan merebus 20 kuntum bunga telang dalam air secukupnya hingga layu, kemudian angkat dan biarkan dingin, kemudian disaring.
Warna yang selanjutnya adalah warna keberanian, yaitu warna merah. Warna merah diperoleh dari air buah bit. Selain itu juga warna merah dapat diperoleh dari daun jati. Sewaktu kecil, saya sering memasukan daun jati ke dalam air, dan akhirnya air tersebut berubah warna menjadi merah. Itu hal yang menarik bagi anak-anak seumuran saya. Bagiaman dengan buah bit ? pertama, kita kupas buah bit, kemudian potong-potong kasar, lalu beri sedikit air dan terakhir kita blender.
Terakhir, warna cokelat. Selain bubuk kakao, gula merah juga bisa memberikan warna cokelat karena rasanya manis, dapat digunakan untuk menggantikan jumlah gula pasir.
Selain beberapa warna tersebut, beberapa buah-buahan juga dapat menjadi bahan pewarna alami, misalnya anggur menghasilkan warna ungu, stroberi warna merah, dan tomat warna oranye.
Sekian info dari saya kali ini, ditunggu untuk info-info yang lain, terimakasih.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment