Pemanfaataan Sampah menjadi Solar



Sampah menjadi masalah utama yang tidak pernah ada ujung penyelesaiannya. Masalah sampah yang menjadi sumber masalah di lingkungan kita. Banyak yang mengeluhkan bahwa sampah berseerakan dimana-mana. Di sepanjng jalan yang saya lewati terutama daerah saya sendiri Brebes – Jawa Tengah hampir di sepanjang jalan pantura, sampah sudah tidak asing lagi. Kebiasaan buruk masyarakat kita menyebabkan lingkungan kita yang dipenuhi oleh milayaran sampah. Sampah dapat menimbulkan penyakit dimana-mana. Kali ini, ada hal menarik ketika saya membaca sebuah artikel di sebuah koran yang menjelaskan bahwa sampah dapat diproduksi menjadi bahan bakar solar. Nah, darini ada upaya bahwa sampah yang kita kenal tidak ada baiknya untuk kehidupan kita dapat dolah atau dimanfaatkan menjadi solar. Seorang Pria berusia 35 tahun bernama Bapak Anim Kartono memimpin rekan-rekannya memproduksi sampah. Pria lulusan Fakultas Tehnik Industri ITB Bandung yang diketahui asli dari Bulakamba. Bapak Anim memilah sampah organik dan non oranik setiap harinya di desa Gandasuli – Brebes dengan menciptakan alat pemilah sampah. Dengan alat pemilah sampah ini setiap 1 ton per jam rata – rata bisa menghasilkan 50 liter krut oil mentah dapat langsung digunakan untuk kendaraan, tetapi sebaiknya disaring terlebih dahulu. Pertama – tama sampah dipilah – pilah terlebih dahulu dari sampah orgnik dan non organik kemudian dapat diolah menjadi kompos dan bahan bakar minyak sejenis solar. Dengan pemnafaatan tersebut, lingkungan kita akan menjadi bersih dan enak dipandang. Tidak hanyak bapak Anim yang dapat melakukan hal tersebut, butuh kesadaran dari setiap orang untuk menghargai lingkungan kita untuk selalu menjaga kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempatnya. Jsngan membuang sampah di sungai maupun selokan karena dapat menimbulkan masalah yang besar seperti banjir karena aliran air yang tidak lancar akibat tersumbat oleh sampah yang berserakan dimana – mana.  Dengan salah satu cara ini semoga saja kita dapat selalu menjaga lingkungan kita. Jika anda sudah mengetahui bahwa sampah dapat dimanfaatkan menjadi solar maupun kompos anda bisa mencobanya di rumah. Berbagai sampai yang ada di lingkungan sekitar kita dapat dikumpulkan menjadi satu kemudian dapat dibuat menjadi pupuk kompos.
Sampah yng sudah terkumpul kemudian ditimbun menjadi satu ke dalam lubang yang kita buat di dalam tanah. Kemudian ditutup dengan bantuan kotoran seperti sapi dan biarkan selama beberapa waktu. Bakteri yang terdapat di dalam kotoran sapi tersebut akan menguraikan sampah tersebut menjadi unsur – unsur hara yang sangat diperlukan oleh tumbuhan. Tetapi sekarang pemanfaatan sampah tersebut sudah mulai dikembangkan di daerah manapun dan sudah mulai diterapkan di beberapa sekolah untuk mengajarkan kepada siswanya melalui pemnafaatan sampah menjadi bahan yang bermanfaat bagi tumbuhan dengan cara pengolahan sampah menjadi pupuk kompos.
Denngan cara tersebut, kita dapat memanfaatkan limah dari rumah tangga maupun limbah yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Semoga informasi ini menjadi motivasi bagi kita semua bahwa pentingnya menjaga lingkungan bersih agar lingkungan sekitar kita layak dan sehat.  
Previous
Next Post »
Thanks for your comment