Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N _________________________
Kelas / Semester : XI/ 1
Mata Pelajaran : Biologi
Alokasi waktu : 1X 45 menit
A. Standar Kompetensi
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkeducil kehidupan
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
C. Indikator
1. Kognitif
Produk
-
Proses
a. Menjelaskan struktur sel dan fungsinya
2. Psikomotorik
Mengidentifikasi struktur sel dan fungsinya
3. Afektif
a. Perilaku Berkarakter : Religious, disiplin, bertanggungjawab dan rasa ingin tahu
b. PerilakuSosial : Kerjasama, peduli social, bertanya dan santun
D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
Produk
-
Proses
Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa diharapkan dapat membandingkan struktur sel dan fungsinya
2. Psikomotorik
Siswa dapat mengidentifikasi struktur sel dan fungsinya
3. Afektif
1. Siswa terlibat dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menunjukan kemajuan dalam menampilkan karakter kritis, teliti, dan rasa ingin tahuketika melakukan diskusi kelompok
2. Siswa terlibat dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menunjukan kemajuan dalam menampilkan kerampilan sosial, kerja sama, bertanya, kepedulian sosial, dan santun dalam berbahasa ketika melakukan diskusi kelompok
E. Materi Pembelajaran
1. Struktur sel dan bagian-bagian sel
F. Strategi Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Group Investigation (GI) dan Number Head Together (NHT)
2. Metode Pembelajaran : diskusi, tanya jawab
3. Pendekatan Pembelajaran : konsep
G. Media dan Sumber Belajar
1. Alat:
Whiteboard, alat tulis
Bahan:
Salah satu kompetensi dasar dari materi pelajaran SMA
2. Sumber:
Buku Biologi SMA kelas XI penerbit Erlangga, LKS, Internet, dan lain-lain.
3. Media
Gambar yang diprint mengenai struktur sel dan bagian-bagian sel
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
Kegiatan awal (3 menit) | ||||
Fase 1. Membuka Kelas Orientasi 1. Mengucapkan salam, berdo’a (Religious) 2. Mengecek presensi/kehadiran siswa (Disiplin) 3. Mengkondisikan kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, baik secara fisik maupun psikis. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran Apersepsi Diawal pertemuan, guru bertanya kepada siswa, jika dalam suatu sel tidak memiliki mitokondria, Apakah bisa dikatakan sel? dan apakah dapat hidup? Jika iya, kenapa? Motivasi | ||||
Kegiatan inti 25 menit) | ||||
Fase 2. Penyajian Materi Eksplorasi 1. Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok heterogen dan masing-masing kelompok beranggotakan 3-5 orang, setiap anggota kelompok diberi nomor 1-5 2. Guru memberikan lembar kerja pada tiap kelompok dan setiap kelompok mendiskusikan lembar kerja tersebut dan memasnagkan gambar dengan fungsi yang sesuai (rasa ingin tahu, kerjasama) 3. Guru memberikan bimbingan secara bergantian kepada masing-masing kelompok ketika berdiskusi (disiplin) Elaborasi 4. Setelah berdiskusi, salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai struktur sel dan fungsinya (tanggung jawab) Konfirmasi 5. Guru mengkonfirmasikan hasil diskusi dan presentasi siswa agar tidak terjadi misskonsepsi. | ||||
Kegiatan penutup (17 menit) Fase 3. Review dan Evaluasi Kesimpulan Guru bersama-sama dengan siswa mereview kembali materi yang telah didiskusikan. Evaluasi 6. Guru mengajukan sebuah pertanyaan kepada siswa 7. Guru memberikan kesempatan kepada tiap kelompok untuk memikirkan jawabannya 8. Guru memanggil siswa dengan nomor tertentu, kemudian siswa dengan nomor yang sesuai mengacungkan tangan dan mencoba menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas (jika benar akan mendapatkan penghargaan) Fase 5: Penghargaan Siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan penghargaan dan akan menempelkan penghargaan tersebut di dalam buku prestasi Fase 6 : penugasan Siswa diberi tugas untuk mempelajari materi yang akan disampaikan minggu depan mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan |
Mengetahui Brebes, .......................... 2012
Kepala sekolah Guru Mapel
Desy Ahtya P.
NPM.093202373
Penilaian Hasil Belajar
Indikator | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk instrumen | Penskoran nilai | |
· Menjelaskan struktur sel dan fungsinya | Tes lisan | Tanya jawab | 1, 2, 3 |
Instrumen Penilaian
Contoh soal
1. Apa sajakah nama organel yang terdapat pada sel hewan?
2. Apakah kalian dapat amati adanya vakuola? Mengapa ?
3. Apakah ada perbedaan ukuran sel hewan?
Kunci Jawaban
No | Jawaban | Skor |
1. | Organel yang terdapat pada sel hewan: nukleus, nukleolus, vakuola (ukuran kecil), ribosom, badan golgi, sentriol, sentrosom, retikulum endoplasma, sitoplasma, membran sel, mitokondria | 3 |
\2. | - Ada, tetapi tidak sebesar vakuola pada tumbuhan - Fungsi vakuola antara lain: a. tempat cadangan makanan b. menyimpan pigmen c. menyimpan minyak asiri d. menyimpan sisa metabolisme | 1 3 |
3. | Ada, karena sel hewan tidak mempunyai dinding sel sehingga sel hewan bersifat motil. Sel-sel yang aktif melakukan gerak ukuran selnya cenderung lebih besar | 3 |
Skor Total | 10 |
Penskoran
Nilai = skor yang diperoleh X 10
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon