Perangkat pembelajaran Struktur dan Fungsi Sel

Proses kegiatan belajar mengajar di kelas membutuhkan kenyamanan dan situasi kondusif agar siswa dapat dengan cepat menangkap pesan yang disampaikan oleh guru. Apalagi di jam - jam terakhir, guru akan sedikit mengalami kesulitan dengan adanya kendala siswa sudah capek, ngantuk sehingga proses belajar mengajarpun terjadi kurang efektif.
Dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan dari guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang menarik agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh untuk menerima materi pembelajaran. Butuh strategi yang menarik agar pembelajaran berjalan dengan lancar, pesan yang disampaikan melalui materi pembelajaran juga sesuai maka diperlukan adanya media pembelajaran.
Media pembelajaran banyak macam dan jenisnya, selain media pembelajaran guru juga harus menyiapkan perangkat pembelajaran yang lain seperti bahan ajar, lks, maupun model pembelajaran. Dalam pembelajaran IPA terutama membahas mengenai materi yang abtrak seperti struk dan fungsi sel, guru disarankan untuk membuat pernagkat pembelajaran yang sesuai. 
Di pembahasan kali ini saya akan membagikan model pembelajaran kooperatif learning, model pembelajaran yang melibatkan siswa berkelompok. Pada materi Struktur dan Fungsi Sel ini digunakan model pembelajaran Jigsaw. Pada model pembelajaran Jigsaw, guru akan membagi beberapa kelompok dan dari masing - masing kelompok akan dibentuk kelompok ahli. Nah, dari masing - masing kelompok ahli ini lah yang akan bertugas mengeksplor informasi yang lebih detail dari tiap kelompok yang lain. Setelah memperoleh informasi secara lengkap, jelas, dan rinci, maka kelopok ahli ini akan kembali ke kelompoknya semula untuk bertugas menjelaskan informasi yang telah diperoleh dari kelompok lain ke kelompok asalnya. Jadi setiap kelompok ahli memiliki tanggungjwab agar kelompok asalnya mengerti dan jelas mengani informasi yang telah diperoleh dari kelompok yang lain. Jadi setiap kelompok memiliki tugas dan tanggungjawab masing - masing tidak bisa bekerja sendiri - sendiri. Selain model pembelajaran Jigsaw, pada materi struktur dan fungsi sel, guru dapat memadukan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran yang lain seperti model make - a match. Guru akan menyajikan seperti kuis dengan menampilkan gambar atau tulisan kemudian setiap kelompok / siswa bertugas mencocokan pertanyaan dengan jawaban yang tepat dan sesuai. Nah, bagaimana langkah - langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan make - a match. 
SIlahkan anda klik DISINI
Nah, selain menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, guru juga harus membuat silabusnya
berikut silabus mengenai materi struktur dan fungsi sel.
Silahkan anda klik DISINI
Selain Perangkat pembelajaran, pada model pembelajaran make - a match guru dapat menyiapkan kartu soal seperti contoh BERIKUT dan contoh kartu soal yang LAIN
Selain menggunakan media pembelajaran berupa kartu soal, guru juga dapat menggunakan LKS dalam melakukan diskusi
berikut LKS yang dapat digunakan
Jika guru sudah menyiapkan semua perangkat pembelajaran, guru juga membutuhkan bahan ajar agar siswa dapat memperoleh informasi mengenai materi yang sedang diajarkan. 
berikut BUKU AJAR yang dapat digunakan pada materi struktur dan fungsi sel. Selain buku ajar, guru dapat memberikan penghargaan kepada siswa agar siswa lebih antusias dan lebih aktif dalam pembelajaran dengan memberikan penghargaan berupa poin nilai maupun berupa tepuk tangan. 
contoh penghargaan yang dapat digunakan DISINI
medianya dapat berupa charta seperti INI
Previous
Next Post »
Thanks for your comment